Investasi properti bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya mempunyai beberapa kelebihan. Apa sajakah kelebihan tersebut?

Kelebihan yang pertama adalah walaupun didiamkan, harga properti akan tetap naik secara otomatis. Tanpa melakukan trik khusus, harga properti akan naik, biasanya harga properti akan naik minimal 10 persen per tahun.

Harga properti akan meningkat bila mempunyai potensi lain. Contohnya, berada di lokasi yang bagus, lokasi hoek, dan sebagainya. Selain itu, properti juga dapat dijadikan aset. Contohnya, dapat dijadikan agunan untuk mengajukan kredit ke bank.

Di balik kelebihannya, investasi properti juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, properti tidak likuid. Menjual rumah memerlukan waktu yang tidak singkat.

Investasi properti juga ditentukan oleh tren layaknya instrumen investasi lainnya. Contohnya, ketergantungan pada kebijakan arah pengembangan wilayah. Dengan demikian, dibutuhkan taktik untuk memilih lokasi yang tepat.

Jadi, saat memilih rumah sebagai investasi, yang perlu diperhatikan adalah nilai ekonominya, potensi ekonomi, dan lokasi.